Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 4

 

Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 4

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari materi pada Subtema 4 Pembelajaran 4. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.

Embun juga merupakan peristiwa perubahan wujud di alam. Embun terjadi karena di pagi hari udara lebih dingin. Oleh karena itu, uap air (berwujud gas) di udara berubah menjadi partikel air (wujud cair). Perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut mengembun.

Setiap pukul 06.00 pagi, kala embun masih membasahi dedaunan, bapak penjaga SD Nusantara sudah sampai di sekolah. SD Nusantara adalah tempat di mana Siti dan teman-teman belajar. Tugas penjaga sekolah adalah menjaga kebersihan sekolah. Seperti membersihkan halaman sekolah. 

Agar halaman bersih dan siap digunakan siswa untuk belajar. Apakah menjaga kebersihan hanya tugas penjaga sekolah? Tentu saja tidak. Semua warga sekolah bertanggung jawab terhadap kebersihan. Semua warga sekolah harus bersatu menjaga kebersihan.  

Apakah di daerahmu masih ada lapangan rumput? Pernahkah kamu bermain bola di pagi hari di lapangan tersebut? Apakah kamu merasakan butiran embun pagi di rerumputan itu? Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mempelajari teknik menggiring bola. Sekarang, praktikkan teknik tersebut. Kamu mempraktikkan sebelum bermain bola.

Orang tua membimbing siswa dan memperhatikan situasi di pagi hari. Seperti mengamati embun di halaman pada pagi hari. Mengamati butiran air yang ada di permukaan gelas. Hal ini sebagai hasil dari proses perubahan wujud benda, yaitu pengembunan.


Ayo lanjut ke Pembelajaran 5 >>>

Posting Komentar untuk "Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 4"