Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 2

 

Kelas 3 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 2

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari materi pada Subtema 3 Pembelajaran 2. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.

Asyiknya Membuat Es Krim 

Pernahkah kamu mencicipi es krim? Rasa es krim bermacam-macam. Es krim terasa segar jika dinikmati di siang hari yang panas. Lakukan percobaan berikut ini secara berkelompok. 

Alat dan Bahan
1. Dua buah kantong plastik dengan perekat (zipper), satu berukuran besar dan satu lagi berukuran sedang.
2. Handuk kecil atau sarung tangan.
3. 300 mililiter krim segar/susu/santan
4. 2 sendok makan gula pasir
5. 6 sendok makan garam batu 
6. 2 mangkuk es batu berbentuk dadu 

Cara Membuat Es Krim
1. Campurkan susu/santan segar dan gula ke dalam kantong plastik yang berukuran sedang. Rekatkan ujung plastik dan pastikan plastik benarbenar rapat.
2. Masukkan potongan es batu dan garam ke dalam kantong plastik besar. Kocok sebentar agar es batu dan garam tercampur.
3. Masukkan kantong plastik sedang yang berisi susu/santan ke dalam kantong plastik besar yang berisi es batu dan garam. Kemudian, tutup dengan rapat perekatnya pada plastik besar.
4. Kocok dan pijat-pijat kantong plastik tersebut selama 10 menit. Gunakan handuk atau sarung tangan agar tidak terlalu dingin ketika disentuh.
5. Keluarkan kantong plastik sedang. Kemudian, bersihkan atau lap dengan kain untuk menghilangkan garam yang menempel.
6. Buka kantong plastik tersebut dan tuang ke dalam gelas atau mangkuk saji. Es krim siap dinikmati. 

Adakah proses yang kurang dimengerti? Tanyakan kepada gurumu.


Pernahkah kamu menyimpan air dalam plastik di lemari pembeku? Apa yang akan terjadi dalam beberapa jam? Tentunya air akan berubah menjadi es, bukan? Meskipun kamu membuka ikatan plastik itu. Ternyata, es tidak akan tumpah. Mengapa demikian? Wujud air berubah dari cair menjadi padat. Perubahan wujud dari cair menjadi padat disebut membeku.

Kamu telah mengerjakan pembuatan es bersama kelompokmu. Adakah pembagian tugas di dalam kelompok? Dengan pembagian tugas, pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Begitu juga di sekolah. Siswa di sekolah ada peran masing-masing. Contohnya di SD Nusantara tempat Siti dan teman-temannya bersekolah. Ada guru yang mengajar sehari-hari di kelas. Ada pula kepala sekolah yang memimpin sekolah.

Kamu telah mempelajari peran-peran yang ada di sekolahmu. Diskusikanlah dalam kelompokmu. Mengapa perlu ada perbedaan peran di sekolah? Apa yang terjadi bila di sekolah hanya ada kepala sekolah? Bagaimana bila tanpa ada bagian yang lainnya? 



Ayo lanjut ke Pembelajaran 3 >>> 

Posting Komentar untuk "Kelas 3 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 2"