Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2

 

Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari materi pada Subtema 2 Pembelajaran 2. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? 

Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

Udin : Bola basket lebih berat, Bu!

Ibu Guru : Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini. 


Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di manamana sama. Namun, berat benda dapat berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di tempat itu. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. Contohnya massa tubuh di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat tubuh di bumi dengan di bulan berbeda. Berat tubuh astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi.

Dalam percakapan sehari-hari dan hitungan matematika, orang sering menyamakan istilah berat dengan massa. Seperti kita sering mendengar orang mengatakan, berapa beratmu? Adapun yang benar, berapa massamu?

Yang diukur pada timbangan adalah massa bukan berat. Namun, karena istilah berat sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan. 


Ayo lanjut ke Pembelajaran 3 >>> 

Posting Komentar untuk "Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2"