Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3

 

Kelas 3 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 2 Pembelajaran 3. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.

Kucing adalah hewan jinak yang dipelihara manusia. Banyak manfaat dari memelihara kucing. Kucing sebagai teman bermain, dapat menghilangkan stres, dan menghalau tikus. Ibu Beni suka kucing, namun tidak memelihara kucing. Kucing-kucing liar sering berkumpul di rumah Beni, sebab ibu sering memberi makan kucing-kucing yang datang ke rumah. 

Beni sering memperhatikan tingkah kucing-kucing. Ada kalanya mereka bermain-main dengan tirai yang tertiup angin. Seringnya mereka bertengkar saat makan. Gerakan kucing-kucing itu lucu dan menggemaskan.

Beni sedang membaca majalah tentang harimau. Harimau adalah salah satu hewan buas. Tempat hidupnya di hutan belantara. Jumlah harimau di dunia semakin berkurang maka harimau termasuk binatang yang dilindungi.Ternyata di majalah itu terdapat dongeng yang bercerita tentang harimau.


Kisah Petani dan Anak Harimau 

Di sebuah desa di Pulau Jawa, tinggallah seorang kakek. Ia terkenal baik hati dan ramah. Namanya Ki Maulaya. Para warga desa sangat segan dan mengagumi beliau. Sifatnya yang arif dan bijaksana sering dijadikan tempat bertanya ketika ada perselisihan. Suatu hari Ki Maulaya pulang dari sawah. 

Di tengah-tengah perjalanan menuju rumahnya, Ki Maulaya terhenti oleh suara yang didengarnya. Ia pun mencari dari mana suara itu berasal. Dia menemukan sebuah lubang jebakan. Dilihatnya ada tiga ekor anak harimau yang terjebak dan tak bisa keluar. Melihat bahwa binatang yang dia temukan bisa membahayakannya, dia pun tertegun sejenak. 

Setelah beberapa saat terpaku, Ki Maulaya dapat menekan rasa takutnya. “Aku percaya.. bahwa kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan pula.” Dikeluarkanya satu persatu anak harimau itu. Setelah semua terangkat, dia pun naik keluar dari lubang itu. Baru saja dia sampai di atas, tiba-tiba dari semak belukar keluar seekor harimau yang sangat besar. Harimau itu adalah induk dari tiga anak harimau yang dia tolong. Ki Maulaya pun gemetar dan berkeringat dingin. 

Namun, dia mencoba mengendalikan rasa takutnya. Ia hanya pasrah pada kehendak Sang Pencipta. Harimau itu mendekatinya sambil mengendus-endus Ki Maulaya, lalu dia pergi membawa anak-anaknya. Konon setelah kejadian itu, Ki Maulaya dan harimau menjadi sahabat. Harimau itu sering menunggui Ki Maulaya ketika di sawah dan menjaganya dari bahaya hewan-hewan buas. Dan apa yang diyakini Ki Maulaya terbukti. “Kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan pula”.  



Ayo lanjut ke Pembelajaran 4 >>>

Posting Komentar untuk "Kelas 3 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3"