Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 6

 

Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 6

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 4 Pembelajaran 6. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.


Mencangkok Tanaman 

Perkembangbiakan dapat melalui tunas dan umbi. Beberapa jenis tanaman juga dapat dikembangbiakkan dengan perkembangbiakan buatan. Perkembangbiakan buatan adalah perkembangbiakan tanaman dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan buatan di antaranya dengan mencangkok, stek, dan menempel.

Mencangkok tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakkan tanaman. Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya. Mutu tanaman biasanya lebih baik dari tanaman induknya. Kekurangan tanaman hasil cangkokan adalah lebih mudah roboh. Tanaman yang berasal dari perkembangbiakkan dengan biji biasanya kebih kuat. Akar tanaman hasil mencangkok lebih rapuh.

Cara Mencangkok Tanaman 

Alat-alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah pisau, sabut kelapa/plastik, tali, dan sedikit tanah yang dicampur pupuk kandang. 
Langkah-langkah untuk melakukan pencangkokan sebagai berikut. Pilih cabang/dahan pohon dengan ukuran sedang. Kupas dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang 5-9 cm. Tutup luka pada dahan dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. 

Kemudian, bungkus tanah dengan sabut kelapa/ plastik lalu diikat dengan tali. Siram cangkokan setiap pagi dan sore. Biasanya akar akan tumbuh dalam waktu sekitar 1-2 bulan. Setelah akarnya tumbuh banyak, potong cabang dari induknya. Kemudian, tanam di tempat yang teduh. 





Jika anak-anak sudah memahami tentang Subtema kali ini, anak-anak bisa lanjut mengerjakan latihan soal-soal.

Ayo lanjutkan ke Soal-soal >>>>

Posting Komentar untuk "Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 6"