Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6

 

Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 1 Pembelajaran 6. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.

Beni berjanji akan bermain pistol air dengan Edo. Sambil menunggu Edo datang, Beni mengisi pistol mainannya dengan air. Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!

Bu, dulu Ibu pernah bilang kalau air itu termasuk benda cair. Apa yang dimaksud dengan benda cair, Bu?

Benda cair itu benda yang memiliki volume yang tetap, tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya. Contohnya air, minyak, dan sirup. Coba Beni perhatikan, bagaimana bentuk air setelah dimasukkan ke dalam pistol mainan itu?

Wujud Benda 

Dilihat dari wujudnya, benda dapat dibedakan menjadi tiga. Ada benda padat, benda cair, dan benda gas. Benda padat adalah benda yang memiliki bentuk dan ukuran yang tetap. Contohnya kelereng, batu, dan pensil. Benda cair adalah benda yang memiliki ukuran yang tetap, tetapi bentuknya berubahubah sesuai dengan tempat atau wadahnya. 

Contohnya sirup dalam botol, teh dalam gelas, dan air minum dalam cangkir. Sedangkan benda gas adalah benda yang memiliki ukuran dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya. Contohnya udara dalam balon, ban sepeda, dan kantong plastik yang ditiup.


Jika anak-anak sudah memahami tentang Subtema kali ini, anak-anak bisa lanjut mengerjekan latihan soal-soal.

Ayo lanjutkan ke Soal-soal >>>>

Posting Komentar untuk "Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6"