Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1

Berikut ini Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1. Silahkan bisa di Tonton Video dibawah ini ya.

Bersatu Kita Teguh


Persatuan akan memperkuat tekad sehingga menghasilkan tujuan yang ingin dicapai. Hari ini kamu akan belajar tentang persatuan yang membuahkan hasil sesuai harapan.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras. Sebagai pelajar, kamu dapat bersatu dalam diskusi saat belajar di dalam kelas. Persatuan yang memperteguh tekad dalam mencapai tujuan telah dicontohkan oleh para pejuang. Proklamasi Indonesia, sebagai tonggak kemerdekaan Indonesia, merupakan wujud dari persatuan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia dicapai setelah melalui perjalanan panjang para pejuang bangsa melawan penjajah. Persatuan yang kuat memperteguh tekad mereka untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil, dan makmur. Keteguhan hati dalam mewujudkan persatuan dapat dicontoh dari seorang pemuda di masa Proklamasi Kemerdekaan.

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah. Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi. Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto. Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan

1. Penghasil bahan pangan Manusia memanfaatkan hewan untuk bahan makanan, seperti daging, telur, dan susu.

2. Penghasil bahan sandang Hewan memiliki manfaat terkait kebutuhan sandang, seperti kain sutra yang berasal dari serat kepompong ulat sutra. Domba dapat menghasilkan wol. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau dimanfaatkan dalam pembuatan jaket.

3. Penghasil bahan kerajinan Kulit sapi dan kerbau dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan wayang kulit. Selain itu, bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat kok.

4. Penghasil pupuk organik Kotoran berbagai jenis hewan, seperti sapi dan kambing dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik yang baik dan tidak membahayakan bagi lingkungan.

5. Penghasil tenaga Tenaga gajah dimanfaatkan untuk mengangkut kayu.Tenaga kuda dimanfaatkan untuk menarik delman. Tenaga kerbau dimanfaatkan untuk membajak sawah.

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan

1. Bahan makanan Bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan makanan adalah batang, daun, bunga, buah, dan biji.

2. Bahan sandang Serat kapas dapat dimanfaatkan untuk membuat kain katun.

 3. Bahan bangunan Kayu dari pohon jati, pohon kelapa, dan pohon meranti dimanfaatkan untuk bahan bangunan.

4. Bahan obat Banyak tanaman dimanfaatkan untuk obat. • Jahe untuk mengobati batuk. • Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal. • Daun jambu biji untuk mengobati diare.

5. Bahan baku indsutri Industri banyak memanfaatkan tanaman untuk kebutuhan manusia. • Getah karet digunakan dalam pembuatan ban. • Getah pinus dimanfaatkan sebagian orang dalam industri cat. • Kayu pinus digunakan dalam industri kertas. • Buah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri minyak goreng.

6. Bahan perwarna alami Tanaman dapat digunakan sebagai pewarna: sawi dan pandan untuk warna hijau, wortel pewarna jingga, dan kunyit pewarna kuning.

7. Menjaga kualitas air Tanaman bakau menjadi penyaring alami dari air laut menjadi air tawar.


Mari kita lanjut ke Pembelajaran 2.

Posting Komentar untuk "Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1"