Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6

 Selamat dan sukses buat adik adik semua nya

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 2 Pembelajaran 6. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.


Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkan secara sembarangan. Jika sumber daya alam yang kita miliki habis atau rusak, kita terancam bencana. Lingkungan yang rusak dapat mengancam kehidupan masyarakat. 

Misalnya jika laut tercemar, maka ikan juga akan tercemar, dan orang yang memakannya juga akan sakit. Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan. Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.

1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan Anggota masyarakat merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkew ajiban bah u -m em bah u dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan. Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya 
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin. 
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan. 
c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal. 
d. Mengelola sampah dengan baik.

2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup. 
a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan. 
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru. 
c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan. 
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah

Jika anak-anak sudah memahami tentang Subtema kali ini, anak-anak bisa lanjut mengerjekan latihan soal-soal.

Ayo lanjutkan ke Soal-soal >>>>

Posting Komentar untuk "Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6"