Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3

 

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 2 Pembelajaran 3. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.


Banyak sekali contoh perubahan energi dan pemanfatannya yang ada di sekitar kita. Agar dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk energi. Macam-macam energi sebagai berikut: 

1. Energi Bunyi 
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi gong. 
2. Energi Panas 
Energi panas yang terbesar di bumi ini adalah energi panas matahari. Energi panas disebut juga energi kalor. 
3. Energi Listrik 
Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas, bunyi, dan gerak.

Nah, dari bentuk-bentuk energi yang kita kenal ada beberapa contoh perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari :seperti berikut

1. Energi Listrik-Energi Panas Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika. 
2. Energi Listrik-Energi Gerak Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender. 
3. Energi Panas-Energi Panas Contohnya ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh, maka akan panas. 
4. Energi Cahaya-Energi Listrik Contohnya penggunaan panel surya. 
5. Energi Listrik-Energi Panas Contohnya penggunaan alat pengering rambut ( hairdryer). 
6. Energi Gerak-Energi Bunyi Contohnya menabuh gendang atau bertepuk tangan.



Bacalah dengan nyaring bacaan tentang perubahan energi dan pemanfaatannya berikut ini. 

Organisasi wahana lingkungan hidup Indonesia (WALHI) kepulauan Bangka memberikan satu contoh pengembangan teknologi ramah lingkungan. Krisis listrik di Kepulauan Bangka Belitung dijawab WALHI dengan mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya. Pembangkit listrik tenaga surya ini berada di Desa Rebo, Sungai Liat Bangka. Kini Listrik dari tenaga surya ini sudah mampu mengaliri rumah-rumah warga 24 jam penuh. 

Pembangkit listrik tenaga surya terdiri atas panel-panel surya. Panel-panel surya inilah yang akan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Panel surya ini mengambil cahaya matahari yang merupakan sumber cahaya. Pembangkit listrik yang dikembangkan oleh WALHI dan organisasi dari Korea Selatan ini dirakit dengan melibatkan peran serta warga. Tujuannya agar warga dapat sambil belajar. Dalam pengoperasiannya, pembangkit listrik tenaga surya ini dikelola oleh Koperasi Hijau.

Koperasi Hijau mengelola mulai dari menarik biaya listrik ke rumah warga, manajemen keuangan, sampai perawatan dan hal-hal teknis lainnya. Anggota koperasi adalah warga masyarakat. Dengan demikian warga pun akan aktif berperan dalam menggunakan dan merawatnya. Meskipun demikian, WALHI juga tidak lepas tangan begitu saja. WALHI turut mengawasi dan melakukan pembinaan. 




Posting Komentar untuk "Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3"