Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2

 

Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 1 Pembelajaran 2Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.


Setiap orang ingin memiliki pekerjaan ketika dewasa. Keinginan itulah yang di sebut cita-cita. Kita harus rajin belajar agar dapat meraih cita-cita. 

Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewan peliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.

Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.


Tempo lagu digunakan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Tempo lagu juga digunakan pemusik untuk mengiringi lagu tersebut. Salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi musik adalah biola. Adakah di antaramu yang ingin menjadi pemain biola

Carilah sebuah puisi anak dari berbagai sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di majalah anak atau koran anak. Guntinglah dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya dan sumber informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan vokal terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil temuanmu.


Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup atau daur hidup.

Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis. Berikut ini metamorfosis kupu-kupu. 
1. Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan telurnya. 
2. Telur kupu-kupu. 
3. Telur menetas mengeluarkan larva (ulat). 
4. Larva berubah menjadi pupa (kepompong). 
5. Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.

Berikut ini metamorfosis pada belalang. 
1. Belalang dewasa siap bertelur 
2. Telur belalang 
3. Nimfa tak bersayap 
4. Nimfa bersayap




Posting Komentar untuk "Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2"