Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3

 

Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 2 Pembelajaran 3Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.


Indonesia memiliki pahlawan yang sangat membanggakan. Mereka berjuang untuk membantu orang lain. Kamu sudah belajar tentang memar. Sekarang kamu akan belajar tentang cedera luka dan lepuh. Kamu akan dapat menolong teman atau mereka yang membutuhkan.

Selain membantu orang lain, kerja sama adalah hal baik yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kini saatnya kamu dan temanmu bekerja sama untuk membuat lup (kaca pembesar). Kaca pembesar ini dapat digunakan untuk membantu melihat objek yang sangat kecil, misalnya untuk membantu pekerjaan tukang jam.

Cara Membuat Lup (Kaca Pembesar) Sederhana 
Alat dan bahan: 
1. Kantong plastik bening atau botol bening dengan permukaan rata 
2. Air 
3. Kertas dengan tulisan-tulisan yang kecil 
Langkah kerja: 
1. Isi kantong plastik dengan air. 
2. Ikat kantong plastik. 
3. Letakkan kertas di bawah kantong plastik. 
4. Bandingkan tulisan asli dengan tulisan yang terlihat dari plastik. 
5. Ulangi dengan kantong plastik berukuran seperlima kali lebih besar atau lebih kecil. 
6. Bandingkan hasilnya. 

Sultan Agung, Sultan Besar 

Sultan Agung adalah salah satu raja terkenal yang hidup pada masa Islam. Beliau adalah Raja Mataram. Sultan Agung memerintah antara tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu. Selain dikenal gigih melawan Belanda, Sultan Agung juga diketahui sebagai budayawan. 

Sultan Agung memberi perhatian besar pada kebudayaan Mataram. Beliau memadukan kalender Hijriyah yang dipakai di pesisir Utara dengan kalender Saka yang masih dipakai di pedalamanan. Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending. Sultan Agung menetapkan bahasa Bagongan sebagai bahasa yang harus digunakan oleh bangsawan dan pejabat di lingkungan keraton untuk menghilangkan kesenjangan.



Posting Komentar untuk "Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3"