Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

 

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 1 Pembelajaran 2. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.


Kamu sudah belajar tentang perjuangan Raja Purnawarman. Apakah sikap Raja Purnawarman mencerminkan nilai-nilai Pancasila? Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, Raja Purnawarman dapat disebut sebagai pahlawan.

Raja Purnawarman membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya. Dengan adanya saluran air tersebut, ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau. Raja Purnawarman juga membasmi perompak. Tindakan ini membuat kerajaan Tarumanegara menjadi aman.

Tahukah kamu? 
Sila keempat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Makna sila keempat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama, cinta permusyawaratan dan demokrasi, serta bijak menyelesaikan masalah. 

Raja Purnawarman berjuang melawan musuhnya dengan semangat perjuangan. Semangat perjuangannya perlu kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kamu belajar, kamu harus mempunyai semangat belajar supaya materi yang kamu pelajari bisa kamu pahami dengan baik. Apakah kamu sudah mempunyai semangat perjuangan saat belajar? Apa yang kamu lakukan ketika kamu menemui kesulitan? Mulai sekarang contohlah semangat perjuangan Raja Puranwarman, ya.

Sampaikan kepada orang tuamu makna sila kee m p a t Pancasila. Mintalah contoh sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila tersebut!




Posting Komentar untuk "Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2"