Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

Pada kesempatan kali ini anak-anak akan mempelajari Subtema 1 Pembelajaran 1. Untuk lebih jelasnya anak-anak bisa menonton video di bawah ini.


Perjuangan Para Pahlawan

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja 

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera. 

Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun. 



Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, tetapi juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah menginspirasi bangsa Indonesia.

- Sultan Iskandar Muda, Kerajaan Aceh, Aceh
- Sultan Hassanudin “Ayam Jantan dari Timur” Kerajaan Gowa-Tallo, Makassar 
- Raja Balaputradewa Kerajaan Sriwijaya, Palembang (Sumsel)
- Prasasti Ciareteun, peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Bogor
- Mahapatih Gajah Mada dan Raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit




Posting Komentar untuk "Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1"