Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 4

 

Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 4

Berikut ini di berikan video tentang materi kita kali ini. Mohon disimak dengan saksama ya anak-anak.


Cuaca begitu mendung. Angin bertiup cukup kencang. Udara terasa lebih dingin. Edo dan teman-teman memakai jaket saat berjalan ke sekolah. Mereka membawa payung. Siap sedia jika nanti hujan turun. Mereka juga membawa artikel koran. Artikel tentang pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia. Saat tiba di sekolah, mereka menunjukkan artikel masing-masing.

Ayo Membaca

Artikel 1
Pengaruh Cuaca terhadap Kesehatan dan Perilaku

Jakarta, CNN Indonesia–Kondisi cuaca ternyata memiliki berpengaruh besar terhadap manusia. Pengaruhnya adalah sebagai berikut. 
1. Udara sejuk dapat membuat tidur menjadi nyenyak. Udara yang sejuk, tidak terasa panas. Angin berhembus dengan lembut. Kita pun dapat tidur dengan nyenyak. Kebalikannya, udara yang panas membuat kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman. 
2. Hujan dapat membuat alergi kian parah. Banyak orang yang pilek karena alergi. Salah satunya karena cuaca dingin. Saat cuaca hujan, udara menjadi lebih dingin. Alergi pun dapat bertambah parah. 
3. Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati. Saat cuaca cerah, langit terlihat biru. Kicauan burung-burung pun terdengar. 
Suasana ini dapat membuat hati bahagia sepanjang hari.

Artikel 2
Perubahan Cuaca Penyebab Kenaikan Jumlah Pasien 

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, berbicara tentang dampak perubahan cuaca. Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Cuaca panas dan dingin berganti dengan cepat. Daya tahan tubuh menjadi terganggu. 

Akibatnya, orang mudah terserang penyakit. Hal ini menyebabkan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat. Dari 400-500 orang per hari, menjadi 600-700 orang per hari. Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien saat perubahan cuaca ini. Penyakit itu adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare. Penyakit tersebut sebenarnya dapat dicegah. 

Caranya dengan banyak makan sayur, buahbuahan, dan minum air putih. Selain itu, dianjurkan agar warga banyak berolahraga.



Posting Komentar untuk "Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 4"