Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1

 Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1

Berikut ini Pembelajaran Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1. Silahkan bisa di Tonton Video dibawah ini ya.


Gerhana Matahari

    Pernahkah kamu melihat gerhana matahari? Kapan gerhana matahari dapat dilihat? Ayo, kita cari informasi tentang gerhana matahari.

    Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.
    
    Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Saat terjadi gerhana matahari, bayangan Bulan akan menutupi Bumi. Oleh karena Bulan lebih kecil daripada Bumi, hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari.\

    Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin. Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan. Adapun gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.

Yuk Lanjut ke Pembelajaran 2. Semangat adik-adik !!!

Posting Komentar untuk "Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1"