Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5

 Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5

Berikut ini Pembelajaran Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5. Silahkan bisa di Tonton Video dibawah ini ya.


    Kita telah mengetahui bahwa Bulan melakukan dua jenis gerakan, yaitu gerakan rotasi dan revolusi. Ayo, kita cari informasi yang lebih rinci tentang hal tersebut.

Gerakan Bulan

Berikut jenis gerakan bulan beserta akibatnya. 

a. Rotasi Bulan 
    Sama halnya Bumi dan planet lainnya, Bulan juga berputar pada porosnya atau berotasi. Waktu yang diperlukan Bulan untuk melakukan satu kali rotasi sama dengan waktu yang diperlukan Bulan untuk berevolusi mengelilingi Bumi. Dapat dikatakan bahwa periode rotasi bulan sama dengan periode revolusinya. Hal itu menyebabkan permukaan Bulan yang menghadap Bumi akan selalu terlihat sama.

b. Revolusi Bulan 
    Mengelilingi Bumi Selain berputar pada porosnya, Bulan juga bergerak mengelilingi Bumi yang disebut revolusi bulan. Akibat revolusi, Bulan akan tampak berubah-ubah jika dilihat dari bumi, perubahan ini disebut fase bulan. Fase bulan dipengaruhi oleh posisi Bulan terhadap Bumi dan Matahari. 

c. Revolusi Bulan Mengelilingi Matahari 
    Selain berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi Bumi, Bulan juga bergerak mengelilingi Matahari. Karena Bulan merupakan satelit alami Bumi yang selalu bergerak mengiringi Bumi, ketika Bumi bergerak mengeliling Matahari, Bulan pun melakukan hal yang sama. Waktu yang diperlukan Bulan mengelilingi Matahari sama dengan waktu yang diperlukan Bumi mengelilingi Matahari. Dapat disimpulkan bahwa dalam 1 tahun, Bulan hanya satu kali bergerak mengelilingi Matahari dan dua belas kali bergerak mengelilingi Bumi. Hal inilah yang menyebabkan ada 12 bulan selama 1 tahun di dalam kalender.  

    Manusia hanya dapat merasakan akibat yang ditimbulkan oleh gerakan Bulan, baik gerak rotasi maupun gerak revolusi. 

Berikut akibat-akibat gerak bulan. 
1. Adanya fase-fase bulan 
2. Terjadinya pasang surut air laut 
3. Terjadinya gerhana 
4. Permukaan Bulan yang terlihat dari Bumi selalu sama

Yuk lanjut ke Pembelajaran 6. Semangat belajar !!!

Posting Komentar untuk "Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5"