Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2

 Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2

Berikut ini Pembelajaran Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2. Silahkan bisa di Tonton Video dibawah ini ya. 



    Kita tinggal di planet Bumi. Planet Bumi mengalami siang dan malam. Pergantian siang dan malam menunjukkan adanya perbedaan waktu. Nah, saat ini kita akan belajar tentang perbedaan waktu yang terjadi di Bumi. Apa penyebab dan pengaruh perbedaan waktu bagi kita, ya? Ayo, kita pelajari!

    Wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu. Pembagian ini menyebabkan adanya perbedaan waktu. Perbedaan waktu ini akan memengaruhi kegiatan sehari-hari.

Perputaran Bumi dan Akibatnya 

    Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Apa akibat perputaran tersebut? Untuk mengetahuinya, amati bola dunia atau peta dunia serta garis yang tampak di dalamnya. Tahukah kamu, garis yang tampak pada bola dunia atau peta dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).  

    Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS). 

    Garis lintang itu digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim. Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT). 

    Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu. Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich. Garis ini melalui Greenwich Observatory di Kota London, Inggris. Oleh karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu internasional. 

    Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit. Apabila berputar 15° , Bumi membutuhkan waktu satu jam. Berdasarkan perhitungan itulah, setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.


Yuk lanjut ke Pembelajaran 3. Semangat!!!

Posting Komentar untuk "Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2"