Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2

 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2

Berikut ini video Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2. Mohon disimak ya anak-anak.


Mandiri dalam Mengambil Keputusan 

Anggota pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan mengambil keputusan dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi. Setiap anggota kelompok dapat menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh ketua kelompok. 

Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok telah ditetapkan. Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah. 

Bermusyawarah juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.


Ayo Mencoba

Anggota pramuka yang baik selalu mengenakan seragam dengan rapi. Saat latihan anggota pramuka selalu berpakaian rapi. Latihan merapikan seragam bagian dari persiapan baris berbaris. Anggota pramuka merapikan seragam mulai dari alas kaki sampai tutup kepala.  

Mari, mencoba berlatih mengikuti gerakan membungkukkan badan! Gerakan membungkukkan badan sambil menyentuh kaki. Gerakan membungkukkan badan termasuk melatih kelentukan badan. Gerakan membungkukkan badan bertujuan melemaskan otot pinggang

1. Berdiri tegap dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. 
2. Bungkukkan badan ke depan bawah sampai kedua tangan menyentuh lantai. Pandangan ke arah lutut. Pertahankan sampai hitungan kelima. 
3. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.
4. Bungkukkan badan ke sebelah kiri. Kedua tangan menyentuh kaki kiri. Pertahankan sampai hitungan kelima. 
5. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu. 
6. Bungkukkan badan ke sebelah kanan. Kedua tangan menyentuh kaki kanan. Pertahankan sampai hitungan kelima. 
7. Selama melakukan gerakan ini, lutut tidak ditekuk.
8. Lakukan gerakan secara berulang.

Posting Komentar untuk "Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2"