Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5

  Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5

Kali ini kita akan menonton video pembelajaran 5. Mohon disimak dengan saksama ya.


Anggota pramuka sering menggunakan tongkat dalam kegiatan. Tongkat sangat banyak manfaatnya. Tongkat dapat digunakan sebagai tempat memasang bendera regu. Tongkat juga dapat digunakan untuk membuat tiang bendera. Untuk mendirikan tenda juga menggunakan tongkat. Tongkat yang digunakan anggota pramuka terbuat dari bambu atau kayu dengan ujung tumpul. 

Dahulu, para pahlawan menggunakan tongkat sebagai senjata dalam peperangan. Para pahlawan menggunakan tongkat bambu dengan ujung lancip. Bambu dengan ujung lancip disebut bambu runcing. Ujung tongkat ada yang tumpul dan ada yang lancip, dibuat sesuai dengan kebutuhan. 

Bentuk sudut juga beragam, ada sudut tumpul, sudut lancip, dan ada pula sudut siku-siku. Perhatikan penjelasan berikut untuk mengenal jenis-jenis sudut. 

Cobalah lakukan kegiatan berikut! 
1. Siapkan kertas. 
2. Lipatlah kertas menurut garis datar! 
3. Lipatlah menurut garis tegak! 
4. Didapat pojok siku-siku. 
Gunakan pojok siku-siku yang telah kamu buat untuk menentukan jenis sudut.

Ayo Membaca 

Sekarang, coba kalian perhatikan gambar-gambar berikut ini! Apakah gambar berikut memiliki sudut? Tunjukkan! Tahukan kamu, lambang apakah itu? Gambar tersebut merupakan lambang pramuka beberapa daerah di Indonesia. Gambar pramuka setiap daerah berbeda-beda. Keberagaman tersebut sesuai dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki setiap daerah. Meskipun demikian, tujuan semua anggota pramuka di Indonesia sama. 

Keberagaman lambang pramuka ini sesuai dengan semboyan negara kita. Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Arti kata Bhinneka adalah "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata Tunggal berarti "satu". Kata Ika berarti "juga". Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu juga”. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya. 

Bangsa Indonesia memiliki banyak bahasa daerah. Bangsa Indonesia juga terdiri atas berbagai agama dan kepercayaan. Keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah kekayaan kebudayaan. Keberagaman harus disyukuri dan dipelihara.


Yuk lanjut ke Pembelajaran 6 >>

Posting Komentar untuk " Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5"