Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 4

 Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran  4


Ayo anak-anak kita lanjut ke Pembelajaran 4. Berikut di berikan video tentang Pembelajaran kali ini.


Apakah kamu pernah naik kereta api seperti Udin? Atau naik perahu seperti Beni? Kereta adalah salah satu kendaraan darat yang digemari. Apakah kamu tahu jenis kendaraan darat lainnya? Bagaimana dengan kendaraan air dan udara? Ayo, kita pelajari bersama-sama!

Alat Transportasi 

Kakek Udin bercerita tentang bermacammacam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan di jalan raya dan di atas rel. 

Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan di atas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh. 

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal.

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara. 

Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anakanak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

Ayo Mengamati

Udin menyampaikan perasaannya kepada kakek. Ia merasa aman menggunakan alat transportasi darat. Ia takut menggunakan alat transportasi air. Udin belum pandai berenang. Kakek sangat memahami perasaan Udin. Kakek mengajak Udin dan Mutiara berenang.

Kakek ingin melatih Udin berenang. Udin dan Mutiara sangat senang pergi ke kolam renang. Mereka menunggu kakek membeli tiket. Mereka membaca peraturan yang ada di dekat loket tiket.



Peraturan Kolam Renang 

“Jagalah Keselamatanmu dan Keselamatan Orang Lain” 

1. Tidak sakit kulit, sakit mata, sakit menular. 
2. Gunakanlah pakaian renang. 
3. Tidak membawa makanan ke dalam kolam. 
4. Tidak membawa binatang peliharaan. 
5. Membilas anggota tubuh sebelum berenang. 
6. Tidak meludah dan buang air kecil di dalam kolam.
7. Tidak memakai alas kaki ke dalam area kolam. 
8. Tidak berlarian di tepi kolam. 
9. Tidak melompat ke dalam kolam. 
10. Tidak bermain-main di dalam kolam. 

Kakek sangat senang bahwa Udin dan Mutiara membaca peraturan kolam renang. Kakek berpesan agar Udin dan Mutiara menaati peraturan itu. Dengan menaati peraturan di kolam renang, kita sudah menjaga keselamatan diri dan orang lain. 

Amati peraturan-peraturan itu! Menurutmu, apakah peraturan-peraturan itu berkaitan dengan menjaga keselamatan orang lain? 


Posting Komentar untuk "Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 4"