Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3

 

 Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3

Hai anak-anak kali ini kalian lanjut ke Pembelajaran 3 ya. Di bawah ini sedikit penjelasan tentang materi hari ini.

Hasil Teknologi Pangan 

Manusia butuh makanan terus-menerus. Bahan makanan yang diperlukan berasal dari hasil panen. Panen terjadi pada waktu tertentu saja. Oleh karena itu, dicarilah cara agar makanan dapat bertahan lebih lama. 

Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan merupakan suatu cara untuk mengolah bahan makanan. 

Kacang kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, dan susu kedelai. Mangga dan stroberi diolah menjadi manisan dan selai. Daging dapat diolah menjadi bakso, sosis, dan kornet. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. 

Selanjutnya, makanan olahan tersebut disimpan dalam kaleng atau dalam plastik kedap udara. Kedap udara maksudnya adalah tidak dapat dimasuki oleh udara. Proses penyimpanannya dapat membuat makanan lebih awet.

Ayo mengamati 

Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya.

Tempe yang dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi.

Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang. Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku.Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga.



Untuk lebih jelas nya kalian bisa menonton tayangan di bawah ini.



Posting Komentar untuk " Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3"